Interview PT Bank Mandiri

Setiap bulan Bank Mandiri membuka lowongan pekerjaan di website resminya. Jadi saya coba apply di tanggal 1 Juli kemarin untuk regional 5 Jakarta. Saya apply lamaran melalui situs mandiri.workable.com. Boleh dicoba yaaa :)

Tanggal 5 Juli saya mendapatkan sms dari BANK MANDIRI untuk mengikuti interview di Menara Mandiri 1 (Plaza Bapindo) pada tanggal 6 Juli jam 9 pagi. Yang ikutan disini banyak banget ada 100 orang lebih. Sebelum dimulai, para peserta harus mengisi formulir terlebih dahulu.

Tahap pertama adalah first impression (kesan pertama). Disini dipanggillah 10 orang untuk setiap kelompok supaya memperkenalkan diri masing-masing mulai dari nama, usia, dan lulusan darimana. Hasil first impression keluar dihari itu juga. Ditahap ini ada separuh dari jumlah peserta yang gugur. Tahap ini saya lolos. Dihari yang sama, dilanjutkan sesi interview. Disini masing-masing 2 orang peserta di interview oleh 3 orang HRD bank mandiri. Pertanyaannya seputar mandiri dan pengalaman kerja.

Selang berapa hari, saya di sms lagi oleh BANK MANDIRI menyatakan saya direkomendasikan untuk mengikuti psikotes BACK OFFICE. Ternyata Mandiri memang menyesuaikan kamu dengan posisi yang sesuai dengan kamu kok. Jadi ikutin aja tahapannya.

Okey, saya datang di hari senin tanggal 17 untuk psikotes. Tes nya pakai SHL melalui komputer dan saya dikasih kalkulator untuk menjawab soal numerik. Tapi ternyata soal nya gak seperti yang dibayangkan sebelumnya, soalnya susah banget. Jangankan numerik, verbalnya aja susah hehe.
Jadi untuk tes verbal, kita dikasih paragraf, dan kita memilih yang mana yang sesuai dengan isi paragraf itu. Kemudian tes numerikalnya berupa diagram dan tabel-tabel rumit yang harus kita pahami bener untuk bisa menjawab tes nya. Juga ada tes ketangkapan, dimana kita mencocokkan gabungan huruf dan angka. Contoh soalnya DAS152, dan pilihan-pilihannya merupakan huruf dan angka tersebut yang diacak. Tuga kita disini memilih yang mana yang sesuai dengan soal. Dan yang terakhir tes kepribadian. Masing-masing tes punya waktu yang berjalan otomatis pada website SHL tersebut dan kabar buruknya sih gak bisa balik ke pertanyaan sebelumnya haha.

Saya di hubungi kembali oleh pihak mandiri untuk mengikuti wawancara akhir tanggal 24 Juli di gedung yang sama. Kita ada 3 orang perempuan semua. Di tahap ini wawancara akhir secara pribadi dengan bapak Endang. Yang ditanya pure tentang kehidupan kita aja. Gak ada tentang mandiri ataupun back office. Puji Tuhan, proses dilancarkan Tuhan dan saya diminta offering letter di 15 Agustus.

Semoga blog ini bermanfaat :)

Cheers!



13 comments

Herimelda Hutagaol. Powered by Blogger.

Motivating and Caring Blog