Karya Tulis 'Interaksi Sosial'


KATA PENGANTAR

            Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan rahmat Nya, saya selaku penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “ Interaksi Sosial ”ini dengan keadaan yang baik dan sehat. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi syarat dari tugas mata kuliah “Psikologi Umum”.
            Interaksi Sosial merupakan salah satu pembahasan yang penting sekarang ini karena dipengaruhi oleh teknologi yang selalu berkembang.
            Apabila terdapat banyak kekurangan dari karya ilmiah ini, penulis meminta maaf. Dan sekaligus meminta saran yang positif untuk membangun penulis membuat karya ilmiah yang lebih baik lagi. Atas perhatiannya, penulis ucapkan terimakasih.

                                                                                                      Medan, 19 April 2013

                                                                                                      Herimelda Hutagaol


DAFTAR ISI

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
1.2  Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Interaksi Sosial
2.2 Manfaat Interaksi Sosial
2.3 Peranan Interaksi Sosial

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

              Manusia senantiasa melakukan hubungan dan pengaruh timbal balik dengan manusia yang lain dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kehidupannya. Bahkan, secara ekterm manusia akan mempunyai arti jika ada manusia yang lain tempat ia berinteraksi. Interaksi sosial bisa didefinisikan sebagai hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok individu yang lainnya. Interaksi sosial merupakan bentuk dari dinamika sosial budaya yang ada didalam masyarakat. Dengan demikian, dengan interaksi sosial akan memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan didalam masyarakat yang akan membentuk hal-hal yang baru yang membuat dinamika masyarakat menjadi hidup. Perubahan-perubahan ini akan terjadi sambung-menyambung dari generasi yang satu ke generasi berikutnya sepanjang zaman.
              Interaksi sosial itu sifatnya dinamis. Dalam kenyataan sehari-hari terdapat tiga macam cakupan interaksi dalam definisi interaksi sosial yaitu interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

1.2  Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan Karya Ilmiah ini adalah sebagai berikut :
  1. Untuk mengetahui proses interaksi sosial yang menjadi dasar pengembangan pada keteraturan dan dinamika kehidupan sosial.
  2. Untuk menambah pengetahuan kita tentang interaksi sosial lebih dalam lagi.
  3. Mendapatkan solusi untuk interaksi sosial yang di pengaruhi oleh dampak negatif teknologi.


BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dan individu, antara individu dengan kelompok atau antara kelompok dengan kelompok dalam berbagai bentuk seperti kerjasama, persaingan ataupun pertikaian.
1.    Interaksi antara individu dengan individu
              Adalah individu yang satu memberikan pengaruh, rangsangan/stimulus kepada individu lainnya dan sebaliknya, individu yang terkena pengaruh itu akan memberikan reaksi, tanggapan atau respon.

2.    Interaksi antara individu dengan kelompok
           Secara konkret bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok bisa digambarkan seperti seorang guru yang sedang berhadapan dan mengajari siswa-siswinya didalam kelas/seorang penceramah yang sedang berpidato didepan orang banyak. Bentuk interaksi semacam ini juga menunjukkan bahwa kepentingan seseorang individu berhadapan/bisa ada saling keterkaitan dengan kepentingan kelompok.



3.    Interaksi antar kelompok dengan kelompok
          Bentuk interaksi antara kelompok dengan kelompok saling berhadapan dalam kepentingan, namun bisa juga ada kepentingan individu disitu dan kepentingan dalam kelompok merupakan satu kesatuan, berhubungan dengan kepentingan individu dalam kelompok lain.

2.2 Manfaat Interaksi Sosial

Bentuk Interaksi Sosial yang Menghasilkan Kerjasama
a. Kerjasama
       Kerjasama adalah bentuk utama proses interaksi sosial. Pada masyarakat pedesaan kerjasama sudah sangat mendarah daging. Hampir setiap pekerjaan besar umumnya dikerjakan secara bergotongroyong, seperti memperbaiki jalan, membuat rumah, memperbaiki bendungan, dan lain-lain. Pada masyarakat perkotaan pun masih ada juga bentuk kerjasama, misal menjaga keamanan wilayah, membersihkan lingkungan, membersihkan temapt ibadah, dan lain-lain.

b. Akomodasi
       Akomodasi adalah proses penyesuaian sosial untuk meredakan pertentangan. Dalam akomodasi masing-masing kelompok yang betentangan berusaha berakomodasi menghilangkan gap atau jarak yang menjadi pangkal pertentangan. Contoh, dua kampung yang sebelumnya berseteru, kemudian mengadakan perdamaian.

c. Akulturasi
       Akulturasi adalah proses sosial di mana suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan lain tanpa menyebabkan hilangnya bentuk kepribadian sendiri. Contoh, arsitektur candi di Indonesia pada dasarnya adalah bentuk punden berundak yang merupakan budaya asli Indonesia. Kenduri, upacara selamatan kematian dan lain-lain juga merupakan bentuk akulturasi antara Hindu dan Islam.

2.3  Peranan Interaksi Sosial

            Fungsi dan peranan sosial manusia ( terjadinya interaksi sosial ) :
  1. Manusia sebagai makhluk individu
  2. Manusia sebagai makhluk sosial
  3. Manusia sebagai makhluk berketuhanan

            Untuk mengemban ketiga fungsi, identitas dan peranan sosial tersebut manusia mempunyai dorongan atau motif untuk mengadakan hubungan dengan dirinya sendiri, dengan orang lain dan dengan tuhannya. Hal inilah yang mendasari terjadinya interaksi antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berdasarkan tahap-tahap yang kami tempuh melalui pembahasan dan penjelasan yang bertujuan untuk mengembangkan, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut.
  1.     Pentingnya sebuah sosialisasi dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan   komunikasi yang baik dan benar.
  2.        Komunikasi dapat membuat kesejahteraan hidup bagi setiap individu.
  3.        Interaksi sosial yang baik dan benar dapat mempererat tali persaudaraan antar umat beragama.
  4.      Interaksi sosial antar individu sangat dibutuhkan dalam menjalin sebuah hubungan seperti dalam menjalin hubungan kekeluargaan.



3.2 Saran

Hendaknya berinteraksi sosial dengan lingkungan atau masyarakat dalam kehidupan kita. Semoga karya ilmiah ini menambah wawasan dan pengetahuan kita juga bermanfaat bagi kita semua.

Source :
http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2257839-manfaat-dan-kerugian-interaksi-sosial/#ixzz2Rg3pv2AK



0 comments

Herimelda Hutagaol. Powered by Blogger.

Motivating and Caring Blog